Knowledge area adalah kompetensi utama yang harus dikembangkan oleh manager proyek.
Aspek yang dipengaruhi dan mempengaruhi kompetensi lain :
- Project integration management : mengintegrasikan berbagai elemen dari proyek. Knowledge area ini dipengaruhi dan mempengaruhi elemen kompetensi lain.
Aspek utama diantara 9 knowledge area :
- Project Scope management: mendefinisikan dan mengelola semua pekerjaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek dengan baik.
- Project Time management : memperkirakan waktu yang dibutuhkan guna menyelesaikan proyek, membuat jadwal proyek yang wajar dan menjamin ketepatan waktu dalam menyelesaikan proyek.
- Project Cost management : persiapan pengelolaan budget yang tersedia untuk proyek.
- Project Quality management : menjamin bahwa proyek yang dilakukan akan memuaskan dan memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati sebelumnya.
Aspek pendukung dalam 9 knowledge area :
- Human resources management : berkaitan dengan efektifitas menggunakan sumber daya manusia yang terlibat dalam proyek.
- Communication management : membuat, mengumpulkan, menyebarkan dan menyimpan informasi proyek.
- Risk management : mengidentifikasi, menganalisis dan merspon resiko-resiko yang berkaitan dengan proyek yang dikerjakan.
- Procurement management : memperoleh barang-barang dan servis untuk mendukung pelaksanaan proyek baik dari dalam maupun luar organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar